loading…

BANDUNG – Gabungan perusahaan global jadi memproduksi massal 5. 000 juru bicara bantu pernapasan atau ventilator berstandar internasional untuk dibagikan ke segenap dunia. Dari jumlah itu, Provinsi Jawa Barat mendapatkan bantuan 3 bagian ventilator.

Bantuan kepada Jawa Barat disalurkan oleh Beko Indonesia, yang merupakan anak jalan dari Arçelik. Sebuah perusahaan pokok Beko, yang sejak April 2020 telah bergabung dengan sejumlah perusahaan terkemuka dalam memproduksi ventilator mekanis guna membantu pasien terpapar COVID-19. (BACA JUGA: Semasa Pandemi COVID-19, Peredaran Gelap Narkoba Meningkat 2 Kali Lipat)

Produksi ventilator tersebut dibuat oleh tim yang terdiri dari 120 insinyur dari bervariasi disiplin ilmu. Mereka menggunakan sarana pembuatan prototipe di Arçelik Garage, sebuah pusat inovasi terbuka dalam Istanbul, Turki untuk merancang & menguji prototipe awal ventilator hanya dalam waktu 2 minggu. Pada Juni lalu, sebanyak 5. 000 ventilator berhasil diproduksi massal. (BACA JUGA: Guru Jalani Test Swab Salah Satu Syarat KBM Tatap Muka di Tasik)

“Ventilator menjadi satu diantara perangkat yang sangat dibutuhkan untuk merawat penderita COVID-19. Kami memahami, dibutuhkan upaya kolektif global untuk mengatasi isu pandemi dengan tengah kita hadapi bersama. Spirit ini kami wujudkan dengan mendonasikan ventilator ke Indonesia, satunya Daerah Jawa Barat, ” kata Country General Manager Indonesia PT Beko Appliances Indonesia Ali Cagri Gonculer. (BACA JUGA: Ratusan Buruh Pabrik Terpapar COVID-19, Emil: Industri Tak Kebal)

Baca Juga:

Jawa Barat, ujar dia, menjadi daerah pertama penerima bantuan ventilator, dengan sangat dibutuhkan untuk menyelamatkan menghabisi pasien COVID-19. Penyerahan bantuan dikasih langsung kepada Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Kamis (27/8/2020). Rencananya, bantuan ini juga akan diberikan ke beberapa daerah di Indonesia dengan membutuhkan.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengapresiasi kongsi yang telah membantu upaya menyalahi Covid-19 di wilayah Jawa Barat, salah satunya Beko Indonesia.

“Kami mengapresiasi tumpuan dari Beko Indonesia berupa ventilator yang menjadi perangkat penting dalam membantu menyelamatkan nyawa di sedang pengobatan Covid-19, ” ungkap Ridwan Kamil.

(awd)