loading…

JAKARTA – Menteri Pemimpin Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan bakal mendorong penjelajahan dinas Kementerian dan Lembaga (K/L) untuk mendorong perbaikan industri pariwisata pasca-pandemi Covid-19 . Hal ini dilakukan agar daerah pariwisata dapat kembali bergeliat & menyerap tenaga kerja.

Luhut mengatakan, kondisi pariwisata saat ini telah siap menerima kedatangan wisatawan dalam jumlah besar. Pasalnya, tingkat kesembuhan pasien corona rerata pada berbagai wilayah telah mencapai 50% dan bahkan ada beberapa daerah yang mencapai 90%.

Baca Juga:

“Pemerintah juga mendorong perjalanan dinas. Itu jangan dikritik ngapain perjalanan biro, ya kami juga mau membakar orang lain juga. Jadi kadang-kadang orang tidak paham situasi teliti begini kita perlukan pengorbanan buat ekonomi bergerak, ” kata Luhut, Jakarta, Senin (20/7/2020). (Baca: ASN Diizinkan Lakukan Kunjungan Dinas, Tapi Harus Penuhi Syarat Ini )

Menurut dia, hingga saat ini penyebaran virus yang masih membuktikan angka tinggi hanya enam daerah. Kondisi ini menunjukkan sebagian besar lokasi wisata dapat beroperasi kembali dengan penerapan protokol kesehatan yang betul ketat.

Adapun wilayah-wilayah yang telah siap menerima wisatawan yakni Bali, Yogyakarta, Danau Toba, Bangka Belitung, Banyuwangi dan Pulau Bintan, Kepulauan Riau.