JAKARTA – Sasaran yang diolah dengan bumbu salted eggatau telur asin semakin banyak diminati masyarakat sejak beberapa tahun terakhir. Bumbu ini berasal lantaran kuning telur asin yang dihaluskan dan dibuat menjadi saus pekat yang lezat.

Telur asin yang dipercaya berasal dibanding kebudayaan Tiongkok memang mudah terlihat di manapun di Asia, tercatat di Indonesia. Telur asin tunggal dikenal dengan baunya yang pandai dan khas, namun tren kuliner membuktikan sajian ini mudah diolah menjadi ragam sajian apapun dengan menarik dan memanjakan lidah. (Baca juga: Lurus Banget Bikin Olahan Lobster dengan Lezat di Rumah)

Dalam event V Cooking Class from Homeyang diselenggarakan oleh V Radio pada Sabtu, 28 November 2020 di Century Park Hotel Jakarta, sajian kekinian yang menggunakan olahan salted egg atau telur asin dipilih jadi menu cooking class kali ini, yaitu Udang Telur Asin.

Menurut Chef Raynaldo, Sous Chef Century Park Hotel Jakarta, menu ini termasuk yang penuh disukai oleh tamu-tamu di hotelnya. “Menu andalan Hotel Century nyata lebih banyak sajian tradisional, tapi karena mengikuti perkembangan zaman & banyak yang request, kita telah mulai masukkan udang telur asin ini ke dalam menu, ” kata Chef Raynaldo kepada V Radiosebelumnya di Century Park Hotel Jakarta, Jumat (27/11).

Menangkap Juga:

Dalam saat cooking class from home berlangsung, Sabtu (28/11), Chef Raynaldo menjelaskan kepada para peserta yang mengikuti dari rumah bahwa bahan-bahan dan bumbu untuk membuat makanan ini sangat mudah ditemui, jadi bagi yang ingin mencoba di rumah dapat langsung mempraktekkannya.

Berikut resep serta cara memasak Udang Telur Payau dari Chef Raynaldo, yang mampu langsung dicoba di rumah.
Bahan:
Untuk memasak Udang Telur Asin, bahan-bahan yang dibutuhkan sangat sedang yaitu udang, telur asin, daun bawang, cabe rawit, bawang suci, bawang merah, bawang bombay, daun jeruk, daun kari, daun pastry, air dingin dan butter.

Cara Memasak:
1. Kupas dan mengendapkan udang
Yang pertama dilakukan adalah mengupas kulit udang, buang bagian kepala, dan mengendapkan kotoran dari bagian punggungnya. Lalu, dengan menggunakan pisau, buat 3 irisan tipis melintang pada bagian punggung udang. Lakukan dengan perlahan sambil menekan-nekan dagingnya. Udang dengan dapat digunakan adalah udang jenis tiger crown atau boleh macam lain yang ukurannya tidak gembung. (Baca pula: Wah, Minyak Zaitun Jadi Spion Cantik Cleopatra)
2. Buat adonan tepung
Ada dua macam adonan yang dipakai untuk menu ini yaitu tepung kering serta tepung basah. Paling mudah gunakan tepung tempura. Namun sebagai pilihan bila tidak ada tepung tempura, dapat menggunakan tepung terigu & tepung beras dengan perbandingan satu: 1 lalu tambahkan seujung gayung teh baking powder agar tolol mengembang. Selanjutnya tambahkan air dingin agar udang lebih crispy. Pastikan adonan tepung tidak terlalu encer agar dapat menempel pada tolol, dan sebaliknya jangan terlalu keras karena akan membuat udang menjadi keras. Masukkan air sedikit demi sedikit, lalu taburkan sedikit sira dan lada. Aduk kembali had merata.
3. Proses pencampuran
Ambil tolol dan campurkan ke dalam kocokan tepung kering, lalu angkat udangnya dan masukkan ke dalam kocokan tepung basah yang sudah dibuat.
4. Proses bajan
Masukkan udang yang sudah dicampur dengan tepung sebetulnya ke dalam minyak panas, secara api sedang. Lakukan perlahan-lahan dan jangan terlalu lama, cukup 4 menit saja. Angkat dan tiriskan jika sudah berwarna kuning gold, lalu sajikan di atas medan piring.
5. Pengerjaan bumbu telur asin
Gunakan butter (atau dapat diganti margarin) agar sajian terasa creamy, campurkan dengan kuning telur asin. Masukkan ke dalam wajan penggorengan dan oseng-oseng sampai berbusa. Telur asin yang bagus digunakan adalah yang sudah berminyak dan tak kopong.
6. Campurkan bahan-bahan lain
Untuk mengurangi bau amis, tambahkan bahan-bahan lain yaitu lada, daun jeruk, daun bawang, bawang bombay, bawang merah, bawang putih dan daun kari. Dapat juga tambahkan cabe rawit untuk menambah mengalami pedas. Tumis semuanya dengan obor kecil hingga matang dan berminyak. Tambahkan sedikit air jika terlalu kental, dan taburi sedikit garam supaya gurih.
tujuh. Penyajian
Oleskan bumbu telur asin di atas udang yang tadi sudah disiapkan pada wadah piring. Untuk mempercantik hiasan, dapat ditambahkan wortel yang sudah dibentuk bunga dan daun pastry. Menu Udang Telur Asin kini siap disantap oleh teman & keluarga.

Menu udang telur asin ini sangat semoga dibuat, dan dapat dimodifikasi dengan menggunakan bahan lain seperti cumi, ikan dori, atau ayam. (Baca juga: Oleh karena itu Istri dan Ibu Satu Anak, Begini Cara Amanda Manopo Tampil di Ikatan Cinta)

V Cooking Class from Home adalah salah satu signature event V Radio yang diadakan berkala setiap bulan. V Radio adalah stasiun radio dalam naungan MNC Radio Networks dan mengudara pada Jakarta sejak 14 Februari 2011 dengan mengusung format adult contempary lifestyle. V Radio secara khusus menyasar segmen pendengar perempuan masa muda dalam rentang usia 28-38 tahun, single atau menikah, dan family oriented.

Dalam operasionalnya, V Radio menyajikan per dan informasi terbaik bagi hawa yang aktif dan dinamis bersama-sama keluarga. Informasi lebih lanjut menimpa V Radio dapat ditemui dalam www.vradiofm.com atau akun Instagram @vradiofm.