CALIFORNIA – NASA berencana akan memasang jaringan 4G dalam Bulan. Hal itu guna mencapai ambisi mereka pada 2028 untuk membangun pangkalan di Bulan. BACA JUGA- Nih! Teknologi dan Mesin yang Dipakai dalam Suzuki Hayabusa 2021

Dilaporkan bahwa NASA memberikan 370 juta dolar AS kepada lebih dari selusin perusahaan untuk menyerakkan teknologi di permukaan bulan. BACA JUGA – Supercar Jepang hingga Eropa Ampun-Ampunan Kejar Suzuki Hayabusa

Inovasi tersebut termasuk pembangkit elektrik jarak jauh, pembekuan kriogenik, robotika, pendaratan yang lebih aman, serta jaringan 4G.

NASA mengatakan dengan jaringan 4G, dapat memberikan komunikasi jarak jauh yang lebih andal dan lebih jauh dari pada standar radio zaman ini yang digunakan di kamar.

Baca Juga:

Bell Labs Nokia diberikan 14, 1 juta dolar GANDAR untuk proyek tersebut. Bell Labs, yang sebelumnya dioperasikan oleh AT& T, akan bermitra dengan perusahaan rekayasa luar angkasa Intuitive Machines untuk membangun jaringan 4G-LTE.

Selain itu, 4G diprediksi akan bekerja lebih baik di Bulan daripada di Bumi, sebab tidak akan ada pohon, gedung, atau sinyal TV yang memusingkan sinyal 4G, demikian dikutip dibanding CNN, Senin (19/10/2020).

Selain itu, jaringan seluler bulan juga akan dirancang khusus untuk menahan kekhasan permukaan Bulan, sepertinya suhu ekstrem, radiasi, dan bagian hampa.

Jaringan juga akan langgeng berfungsi selama pendaratan dan peluncuran bulan, meskipun roket secara kaya menggetarkan permukaan Bulan.