CALIFORNIA – Awak Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat( NASA) berhasil merancang toilet super mewah seharga 23 juta dolar AS (sekitar Rp 338 miliar). BACA JUGA- Giliran Isuzu X-Series Bikin Panas Dingin Hilux serta Triton

MEMBACA JUGA- Kawasaki Bikin Helikopter K-RACER Bermesin Ninja H2R

Rencananya, toilet ini akan diluncurkan ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Toilet ini diharapkan bisa digunakan dalam misi kala depan ke bulan.

Toilet tersebut akan menggunakan pola vakum. NASA mendesain toilet ini agar lebih nyaman untuk astronot wanita. Hal ini berbeda dengan ideal toilet sebelumnya.

Baca Selalu:

“Bagina gembung dar proyek kami adalah mengkoptimalkan pengunaan toilet untuk kru wanita, ” kata manajer proyek NASA Melissa McKinley, dikutip dari BBC, Sabtu (10/10/2020).

Pada dalamnya, terdapat Sistem Pengelolaan Kotor Universal (UWMS). Toilet luar udara berbahan titanium yang baru tersebut menurut NASA akan lebih memudahkan para astronot selama misi asing angkasa.

Toilet tersebut menggunakan sistem vakum yang akan menyedot limbah dari tubuh pada lingkungan tanpa gravitasi. Toilet tersebut juga disusun terletak di pada bilik sehingga menjaga keamanan privasi.

Dengan berat 45kg dan tinggi 71cm, toilet ini 65% lebih kecil dan 40% lebih ringan dari toilet yang saat tersebut digunakan.

NASA, kata Melissa, telah menghabiskan banyak waktu bekerja secara awak kapal dan melakukan pertimbangan agar toilet dapat berfungsi dengan baik.

Perbaikan pola ini akan diuji di ISS sebelum akhirnya dibuat menjadi kapsul Orion yang akan membawa angkasawan ke Bulan.