JAKARTA – P1 Academy Digital Motorsport Indonesia (ADMI) resmi dibuka. Kegiatan yang diinisiasi Ikatan Motor Indonesia (IMI) bergandengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) itu ditujukan untuk menumbuhkan keinginan masyarakat terhadap olahraga balap dengan belakangan lesu akibat pandemi Covid-19.

Hingga kini tidak terlihat kejuaraan balap yang diadakan di Indonesia. Sebagai gantinya, medan balap virtual menggunakan simulator menjelma marak dan mulai mencuri menjawab publik. Bahkan ajang Formula satu dan Formula E sampai sudah menggelar turnamen virtual sendiri.

Ketua P1 ADMI, Irvan Bahran berharap kegiatan itu bisa menjadi wadah baru untuk penggemar olahraga balap. Tak hanya kalangan profesional, masyarakat pemula juga bisa menjajal olahraga baru itu.

“Olahraga tersebut berada di bawah naungan FIA (Federasi Otomotif Internasional). Jadi tersebut adalah olahraga baru, ” cakap Irvan Bahran kepada awak media, Selasa (3/11/2020). (Baca juga: Kesan Mario Aji Tampil di CEV Moto3 2020)

Baca Pula:

Sebagai wujud keseriusan, P1 ADMI telah mempersiapkan sembilan simulator balap. Masing-masing dilengkapi tiga monitor, kursi balap, steering-wheel, dan pedal set. (Baca juga: Kesan Mario Aji Tampil di CEV Moto3 2020)

Sejumlah software pun disiapkan mulai dari Assetto Corsa, rFartor, serta Automobilista 2. Pada acara introduksi, sejumlah jurnalis yang meliput diberi kesempatan menjajal asyiknya simulator balap ini. Dengan tema Jurnalis Race Day in Digital Motorsport, seluruh menjalani berbagai proses balap tiba sesi latihan, kualifikasi, hingga menyelenggarakan lomba.