JAKARTA – Kemendikbud resmi membuka Kompetisi Olahraga Anak Nasional (KOSN) 2020. Akibat hasil pandemi, KOSN 2020 hanya mengimplementasikan dua cabang olahraga yaitu karate dan pencak silat.

Dirjen Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kemendikbud Jumeri menyadari tantangan dalam tengah pandemi pada kompetisi gerak seperti ini cukup tinggi sebab berpotensi memicu adanya kerumunan. Namun, ia mengatakan, semangat siswa dengan memiliki potensi dan talenta dalam bidang olahraga tidak dapat dipadamkan begitu saja. (Baca juga: 2021, Mendikbud akan Prioritaskan Kelulusan Guru Honorer Menjadi PPPK)

Oleh sebab itu, katanya, Kemendikbud telah mengabulkan diskusi dengan Gugus Tugas Covid-19 dan stakeholder lainnya untuk langgeng melaksanakan KOSN 2020 walau secara daring. “Dengan mengucap bismillah, secara resmi saya buka ajang sayembara bidang olahraga. Selamat kepada kalian semua yang selalu terus telah berjuang bersemangat belajar dan membentuk eksistensi diri melalui aktifitas-aktifitas dengan positif, ” katanya melalui pancaran pers, Selasa (17/11/).

Menurutnya, KOSN 2020 telah melahirkan terobosan baru di dunia persaingan olahraga yang digelar secara maya. Tanpa menghilangkan makna keolahragaan, watak para siswa untuk terus membiasakan dan berusaha keras mengikuti perlombaan ini sungguh luar biasa, ujarnya. Dia berpesan, untuk berkompetisi secara menjunjung kejujuran, sportifitas dan perangai.

Baca Juga:

“Lakukan semuanya dengan ikhlas jangan melakukan sesuatu pekerjaan didasari dengan niat mencari perhatian atau mendapatkan pujian melainkan lakukan secara niat baik dan ketulusan, ” tuturnya. (Baca selalu: KPAI Minta Pembukaan Sekolah Tahun Depan Bukan Berdasarkan Zona)

Pelaksana tugas (Plt. ) Kepala Puspresnas Asep Sukmayadi mengatakan KOSN dilaksanakan dengan haluan antara lain untuk meningkatkan dorongan peserta didik dalam penguasaan tempat olahraga dan memiliki nilai-nilai unggul. Selain itu untuk saling menghormati, saling menghargai keunggulan orang asing, bersahabat, serta sportif

Melalui tema Melejitkan Talenta dan Prestasi Olahraga di Era Pandemi, KOSN 2020 menjadi medan untuk menanamkan, melaksanakan dan menyebarluaskan sikap dan perilaku yang menjunjung tinggi nilai-nilai luhur keolahragaan yang saling menghormati, keunggulan dan silaturahmi serta sportifitas.

Ajang kompetisi dengan tahun sebelumnya bernama Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) ini menjadi salah satu rangkaian lomba yang dilaksanakan pada bulan Olahraga dan Kesehatan Jasmani dan diikuti siswa tinggi SD hingga SMA/SMK.

halaman ke-1 dari 2

Berita Terkait

TULIS KOMENTAR ANDA!