PARIS – Gajah Kesehatan Prancis, Olivier Veran mengatakan bahwa vaksin Covid-19 saat tersebut seharusnya dapat bekerja terhadap varian baru Covid-19. Hasil mutasi virus tersebut telah ditemukan di Inggris.

“Secara teori, tidak tersedia alasan untuk berpikir bahwa vaksin itu tidak efektif, ” introduksi Veran saat melakukan wawancara secara radio Europe 1, seperti dilansir Al Arabiya pada Selasa (22/12/2020).

Veran juga mengutarakan bahwa ada kemungkinan jenis hangat Covid-19 sudah ada di Prancis, tapi belum terdeteksi. “Sangat agak-agak virus itu beredar di Prancis, ” ucapnya. ( Baca juga: Masih Efektifkah Vaksin Covid-19 Menahan Strain Baru Coronavirus? )

Sementara itu, Menteri Transportasi Inggris, Grant Shapps mengatakan virus ini mungkin sudah menyebar ke tempat lain. “Inggris melihat pergantian Covid-19 ini lebih cepat dipadankan dengan di negara lain. Tetapi, negara lain juga akan mempunyai varian baru virus ini, ” kata Shapps.

Baca Serupa:

Akibat kehadiran varian baru Covid-19 itu, dengan menyebar lebih cepat dari varian yang lainnya, sejumlah negara menetapkan untuk menghentikan penerbangan dari dan ke Inggris. ( Baca selalu: Jubir BPOM Tegaskan Tidak Cuma RI yang Memesan Vaksin COVID-19 dari Sinovac )

Sejauh ini tercatat Belanda, Iran, Kuwait, Kanada, dan Belgia sudah mengeluarkan penghentian sementara penerbangan sebab dan ke Inggris. Sedangkan Italia dan Jerman mengatakan sedang merencanakan larangan serupa.

Spanyol mengatakan bahwa sebagai tanggapan tempat langkah beberapa negara UE, itu telah meminta Komisi Eropa & Dewan Eropa untuk tanggapan bangsa yang terkoordinasi terhadap situasi terakhir.