PROBOLINGGO – Stok darah dalam Kota Probolinggo saat pandemi COVID-19 menipis. Jajaran Polres Probolinggo Praja dan Jurnalis Probolinggo (Jispro) mengimplementasikan bakti sosial donor darah yang berlangsung di Aula Mapolres Probolinggo Kota, Rabu (21/10/2020).

Wakapolres Probolinggo Kota Kompol Teguh Santoso menjelaskan, baksos kali ini membabitkan semua personel Polres dan pewarta.

“Kita libatkan semua dan hanya puluhan saja yang bisa mendonorkan darahnya sebab ada beberapa persyaratan yang terpaksa mereka tidak bisa ikut donor darah, seperti tekanan darah sedang drop, flu, dan lainnya, ” tutur Teguh.

Taat menambahkan, Stok golongan darah O dan B Palang Merah Indonesia (PMI), Kota Probolinggo menipis. PMI Kota Probolinggo berharap lebih penuh masyarakat yang sadar mendonorkan darahnya.

Baca Juga:

Masa pandemi ini, total pendonor darah menurun karena kaum masyarakat takut di tes ataupun dilakukan swab ketika hendak mendonorkan darahnya di PMI. (Baca selalu: Asah Naluri Tempur, Prajurit Kima Brigif 2 Marinir Latih Kemampuan Menembak)

“Tidak perlu takut, prokes tetap dilakukan serta tidak harus Swab. Bahkan masa rutin, sehabis donor justru kita bertambah sehat, ” katanya.

Suwito, petugas pelayanan PMI kota Probolinggo menegaskan, pandemi itu membuat ketersediaan stok darah menipis dan PMI bersyukur adanya kesibukan seperti ini dan semoga diikuti yang lain. (Baca juga: Kenalkan Pandangan Misi, Tim Eri Cahyadi Kekar Blusukan ke Kampung-kampung)

“kami ngerasa bangga dengan apa yang dilakukan oleh Polres probolinggo kota & rekan media. Semoga semua apa yang dilakukan bermanfaat, ” tuturnya.